Selasa, 02 November 2010

NO CANDI DAN BERDIRI TAHUN PENDIRI DAN BERDIRI TAHUN KERAJAAN KETERANGAN

NO CANDI DAN BERDIRI TAHUN PENDIRI DAN BERDIRI TAHUN KERAJAAN KETERANGAN
1. Prambanan
Hindu Rakai Pikatan & Rakai Balitung
Sekitar 850 M Mataram kuno-Dinasti Sanjaya Letaknya kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.

2 Cangkuang
Hindu yang terdapat di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Candi inilah juga yang pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda
3 Kidal
Hindu 1248 M
singasari Tempat raja anusapati diruwatkan dan dimuliakan sebagai siwa
Mengingat Jasa besar Anusapati
Berisi pesan moral pembebasan dari perbudakan
4 Jago
Hindu Abad 13 SinghasariTempat Wisnuwardhana didharmakan
Candi Jago berasal dari kata "Jajaghu
Berlokasi di kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, atau sekitar 22 km dari kota Malang,
Relief-relief Kunjarakarna dan Pancatantra dapat ditemui di candi ini.
5 Jawi
Hindu Tempat Kertanegara didarmakan
6 Ngetos
Hindu Tempat hayam wuruk didarmakan
7 Candi Gedong 927 M Kerajaan Syailendra . Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat lima buah candi.
8 Candi badut 760 Masehi kerajaan Kanjuruhan
Candi Badut terletak di kawasan Tidar, kota Malang. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum jurusan Tidar. Candi ini diperkirakan berusia lebih dari 1400 tahun dan diyakini adalah peninggalan Prabu Gajayana, penguasa kerajaan Kanjuruhan

9 Gunung Wukir 732 M (654 tahun Saka).
Kerajaan mataram kuno Candi Gunung Wukir atau Candi Canggal adalah candi Hindu yang berada di dusun Canggal, kalurahan Kadiluwih, kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini tepatnya berada di atas bukit Gunung Wukir dari lereng gunung Merapi pada perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Menurut perkiraan, candi ini merupakan candi tertua yang dibangun pada saat pemerintahan raja Sanjaya

10 Panataran
Candi Panataran adalah sebuah candi berlatar belakang Hindu (Siwaitis) yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar. Kompleks candi ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur. Candi ini mulai dibangun dari kerajaan Kadiri dan dipergunakan sampai dengan kerajaan Majapahit. Candi Penataran ini melambangkan penataan pemerintahan kerajaan-kerajaan yang ada di Jawa Timur.
11 Singosari
1292 M singhasari candi ini merupakan tempat "pendharmaan" bagi raja Singasari terakhir, Sang Kertanegara, yang mangkat pada tahun 1292

12 Tikus
Sekitar abad 13-14 Majapahit Candi Tikus adalah sebuah candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di kompleks Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

13 Cetho abad ke-14
Majapahit Fungsi candi ini tidaklah berbeda dengan candi Hindu yang lain yakni sebagai tempat pemujaan.
Candi Cetho terdiri dari sembilan trap (tingkat) berbentuk memanjang kebelakang dengan trap terakhir sebagai trap utama pemujaaan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa
14 Candi Sukuh
Candi Sukuh adalah sebuah kompleks candi agama Hindu yang terletak di Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah.
ditemukannya obyek pujaan lingga dan yoni.
Candi ini digolongkan kontroversial karena bentuknya yang kurang lazim dan karena banyaknya obyek-obyek lingga dan yoni yang melambangkan seksualitas.
Gunung Lawu pada ketinggian kurang lebih 1.186 meter di atas permukaan laut
15 Candi Arjuna
Sekitar abad ke 7 atau 8 yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.
Dibangun pada tahun 809, Candi Arjuna merupakan salah satu dari delapan kompleks candi yang ada di Dieng

16 Candi Abang
Sekitar abad ke 9-10 Kerajaan mataram Kuno Candi Abang adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Banyunibo dan Candi Barong, yaitu di dusun CandiAbang, kelurahan Jogotirto, kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta, tidak jauh dari bandara Adisucipto.
dinamakan Candi Abang karena terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa),

17 Candi Barong
Sekitar abad ke 9 -10 Kerajaan Matarm Kuno Candi Barong yang mempunyai hiasan kala dan naga mirip seperti barong pada pintu masuknya adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko, yaitu di dusun Candisari, kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Yogyakarta.
Pada teras tertinggi terdapat 2 buah candi untuk pemujaan dewa Wisnu dan dewi Sri sebagai lambang kesuburan
18 Candi Kalasan/Candi Tara
candi ini dibuat oleh dua raja secara bersama-sama yaitu raja dari Wangsa Syailendra dan raja dari Mataram Hindu
Skitar akhir abad 8 atau awal abad 9
Kerajaan Syailendra
candi dibangun untuk menghormati Bodhisattva wanita, Tara.
Candi ini memiliki tinggi 6 meter dan 52 stupa
19 Candi Ijo
dibangun pada abad ke-9 Kerajaan mataram kuno Candi Ijo adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko atau kita-kira 18 km di sebelah timur kota Yogyakarta Candi ini merupakan kompleks 17 buah bangunan yang berada pada sebelas teras berundak. Pada bagian pintu masuk terdapat ukiran kala makara, berupa mulut raksasa (kala) yang berbadan naga (makara.
Candi Borobudur. Dalam kompleks candi ini terdapat tiga candi perwara yang menunjukkan penghormatan masyarakat Hindu kepada Trimurti: Brahma, Wisnu, dan Syiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar