Selasa, 02 November 2010

Ringkasan ekonomi :by Andre Raditya
ttg Manajement dank kwan”

FUNGSI – FUNGSI MANAJEMEN
Fungsi” manajemen seperti plannig organizing dan Controlling.
 PERENCANAAN (PALNNING)
Fungsi manjemne paling utama ,karana merupakan awal dari kegiatan
Pertayaan yang mendasar pada perncanaan
a. What
Manajer harus bisa menjawab apa yang ingin dicapai dan dirumuskan dalam tujuan tertentu
b. Why
Manajer harus bisa menjwab mengapa hal itu bisa menjadi tujuan
c. Where
Manajer harus dapat mempertanggungjawabkan pemilihan lokasi perusahaan
d. When
Manajer harus dapat mengambil keputusan tepat waktunya
e. Who
Manajer harus dapat mempertanggungjawabkan mengapa orang” itu dipilih u melksanakan suatu perkerjaan
f. How
Manajer harus dapat menentukan bagaimana menjalankan suatu pekerjaan

Pembagian perencanaan
1. Perencanaan jenjang atas( Top-Level)
Lebih bersifat Strategis (menyangkut kepentingan umum) , > 5 thn
2. Perencanaan jenjang menengah ( middle-level)
Lebih bersifat administrative ( menyangkut tujuan perencanaan itu) 1-5 thn
3. Perencanaan jangka pendek ( low-level)
Lebih bersifat operasional ( pelaksanaan tujuan perusahaan) < 1 thn

Syarat” perencanaan
1. Tujuan jelas
2. Sederhana
3. ada analisi”
4. fleksibel
5. keseimbangan tujuan dan tanggung jawab
6. kesannya efektif dan efisien

Manfaat perencanaan
1. pelakasnaan tugas jadi lebih tepat dan terarah
2. penelitian lebih akura
3. ada standar” tindakan/biaya
4. pedoman melaksanaan kegiatan


 PELAKSANAAN(ACTUACTING)
Suatu fungsi manajement agra orang” berkerja sesuai tujuan yang ditetapkan
Menuruf prof. Abrham Maslow ”Motivation and Personality” menceritkan kalau seseorang itu mempunyai kebutuhan
1. Kebutuhan Fisologis : Kebutuhan yang berkaitan dengan fisik /kebuthan primer
2. Kebutuhan keamanan dan keselamatan : merasa nyaman ditempat kerja
3. Kebutuhan Sosial : kebutuhan bersama yaitu ingin diterima dan dihargai
4. Kebutuhan Prestise : ingin mengembangkan bakat yang dimiliki karyawan
5. Kebuthan Aktualisasi Diri : tiap orang harus punya cita” dlm bekerja

Menurut Elton Mayo , orang akan termotivasi itu terkait dengan kenyamana tempat kerjany(merasa aman)
Menurut Fredirich W Taylor , orang akan termotivasi itu terkait dengan besar kecilnya upah yang diberi
Menurut Mc.Greggor , dengan melihat teori X dan teori Y. Teori X melihat keburukan dan , teori Y melihat kebaikan. Spaya faktor X dapt dhlangkan maka harus lebih menonjolkan faktor Y.

JENJANG” MANAJEMEN
Manajemen Puncak ( Top Management)
1. Pengambil keputusan dalam perkembangan perusahaan
2. mentapkan kebijakan opersional ( pembukaan pabrik/cabang baru)
3. membimbing interaksi dengan lingkungan ( komunikasi/ rapat staff)

Manjemen Menerngah ( Middle Management )
1. pemimpin suatu divisi
2. mengembangkan rancana operasi
3. menjalankan tugas yang ditetapkan manajemn puncak
4. bertanggung jawab terhadap manajemen puncak

Manjemen Bawah ( Supervisory Management)
1. menjalankan rencana operasi manajemen menengah
2. Mengawasi pekerja
3. brtanggung jwab terhadap manajemn menengah


TIGA GAYA KEPIMPINAN DALAM PERUSAHAAN
1. Otoriter
Ciri ”
mengambil keputusan tanpa melihat bawahan
Kelebihan
a. mengambil keputusan lebih cepat
b. lebih disegani oleh bawahan
Kekurangan
a. tidak ada komunikasi yang bersifat manusiawi
b. karyawan tertekan
c. tidak ada aspirasi
d. pemimpin sewenang”
e. motivasi karyawan rendah
f. kurangnya komunikasi atasan dan bawaahan

2. Bebas
Ciri ”
Keputusan diambil bwahan, bawahan dapat menyelesaikan masalah
Kelebihan
a. Kreatifitas karywan lebih tampak
b. Motivasi karyawan tinggi
c. Aspirasi tersampaikan
d. Rasa tanggung jwab tinggi
e. Karywan merasa lebih dihargai
Kekurangan
a. sering terjadi konflik antar anggota
b. hasilnya kurang memuaskan
c. keptusan lambat

3. Demokratis
Ciri”
Bwahan dan atasan lebih dilibatkan dalam pengambilan keputusan


Kelebihan
a. karyawan bisa mengekspresikan diri
b. karywan lebih termotivasi
c. krywan dpt memaksimalkan potensi diri
d. ada komunikasi
e. ada aspirasi
Kekurangan
a. Kpetusan lambat
b. Tidak efisen(waktu dan biaya)
c. Konflik antar anggota


Semua diatas dpat memakai 3 cara
1. Mengetahui kondisi organisasi
2. tw karakteristik oragnisasi(pengaruh oraganisasi di dalam masyarakat)
3. tw struktur oragnisasi(maslah” yang akan dihadapin oleh oraganisasi)






 PENGAWASAN(CONTROLLING)
Pengawasam meruapakan tindakan untuk mengawasi / membenarkan kesalahan yang terjadi agar berjalan sesuai tujuan yang ditetapkan
Title: Henry Fayol ” General Industrial Management”
Tujuan :
1. Pekerjaan sesuai rencana
2. menciptakan kondisi agar karyawan mempunyai rasa tanggung jawab
3. mengkoreksi kesalahn” terhadap kegagalan
4. mencari solusi terhadap permasalahn yang dihadapi
5. mencegah terjadi kesalahan

Pengawasan Dapat Berjalan Efektif Bila Memperhatikan:
1. Jalur( Routing)
Pemimpin tahu dimana sering terjadi kesalahan
2. Penetapan waktu ( Scheduling)
Pemimpin akan memeriksa sesuai ketentuan waktu yang ditetapkan( tapi lebih efektif Inspeksi Mendadak dari pada yang terjadwal)
3. Perintah Pelakasanaan( Dispacthing)
Prinsip perintah dilakukan agar pekerjaan dilakukan selesay tepat pada waktunya.
4. Tindak lajut( Follow Up)
Pemimpin mencari solusi bila menghadapi masalah

William H Newman menurutnya pengawasan yang baik itu mampu menjamin adanya tindakan perbaikan( checking , reporting corecctive N action )

 PENGORGANISASIAN(ORGANIZING)
Keseluruhan proses pengelompokan orang”/alat”/tugas/tanggung jwab/wewenang sehingga menciptkan suatu kesatuan .

Unsur Organisasi
1. ada kerja sama
2. melakuakan tujuan yang ditetapkan
3. mencapai tujuan

Manfaat Pengorganisasian
1. menciptakan pembagian tugas
2. spesialisasi
3. tahu tugas”ny

Fungsi Pengorganisasian
1. Pendelagisan wewenang diri
2. pembgian tugas jelas
3. ada manajer puncak


TEORI – TEORI MANAJEMEN
A. Aliran Klasik
Manajemen berdasarkan fungsinya
B. Aliran Perilaku
Kajian pada aspek manusia dan Perlunya manajemen memperhatikan manjemen
C. Aliran Manajemen Ilmiah
Lebih ke pendkatan kuantitatif ,mrpakan saran menyelesaikan maslah manajemen
D. Aliran Analisis sistem
Lebih fokus terhadap maslah lain yang berkaitan dlm mengmbngkan teoriny
E. Aliran manajemen berdasarkan Hasil
Fokus terhadap hasi;” yang dicapai
F. Aliran Manajemen Mutu
Fokus pada kepuasan konsumen
BIDANG” MANAJEMEN
1. MANAJEMEN PRODUKSI
Rangkaian kegiatan yang terencana dan terkendli dlm rangka mengubah input menjadi output dan mengevaluasi terhadap output melalui umpan balik
Produksi
1. Produksi massal ( mass production )
Prdksi yang hanya menghsilkan jmlah barag yang bnyak dan hanya 1 jenis brg (pabrik minyak)
2. Produksi pesanan ( job production )
Produksi yang memprdksi brg sesuai pesanan
( tukang jahit /real eastate )
3. Produksi kelompok ( bacth production )
Produksi yang menghslkan brg” dlm kelompok” tertentu
( perusahaan garmen )
4. Produksi aliran ( Flow production )
Produksi yang menghslkan scra trus mnrus
( pengeboran minyak)
Perancangan sistem produksi
1. Rancangan Produksi
Mengertahui berbagai aspek yang berkaitan dengan proses produksi
2. Volume Produksi
Mempertimbangkan kapasitas produksi
3. Proses Produksi
Mempertimbangkan proses produksi yang paling efisien
4. Lokasi dan Tata Letak
Setelah proses produksi dipilih , lalu merancang lokasi dan tata letak produksi
5. Rancangan Pekerjaan
Menentukan pembagian kerja, standar kerja


2. MANAJEMEN PEMASARAN
Kegiatan pengaturan secra optimal agar penyampain brg dri produsen ke konsumen dapat berjalan lancar
Manajemen Pemasaran
Definisi
1. Pasar
interaksi antara penjual dan pembeli dlam melakukan transaksi
brang / jasa dan menggunakan sarana pembayaran
2. Pemasaran
Proses sosial dan Manjerial dimana orang mendptkan apa yang diinginkan dengan menciptakan / pertukaran produk dan nilai
3. Manajemen Pemasaran
Kegiatan pengaturan secara optimal agar penyampaian brang dari produsen ke konsumen dapat berjalan lancar
Riset Pasar
1. Riset Sekunder
Riset yang menggunakan data dari lembaga riset
2. Riset Primer
Riset yang mengambil data dari perusahaan senciri
Segmentasi
1. Geografis
Pengelompokan konsumen berdasrkan wilayah/daerah
2. Demografis
Pengelompokan konsumen berdasarakan banyaknya penduduk / jenis kelamin
3. Sosial
Pengelompokan konsumen berdasarakan indikator sosial
Target Pasar
Targeting
Pengelompokan sejumlah pasar kedalam kelompok pasar yang homogen
Posisi Pasar
Positioning
Penempatan Produk
Ciri”
Menunjukan keunikan suatu produk
Tujuan
Membedakan dengan produk lain

Bauran Pemasaran (4P)
1. Product
Mampu mengidentifikasi apa yang diiginkan oleh konsumen
2. Price
Memainkan peran penting dalam pemasaran(harga mahal/ murah)
3. Promotion
Menentukan keberhasilan produk dengan promosi melalui media promosi
4. Place
Konsumen mudah mendapatakan barang tersebut(distribusi yang baik)



Product life cyle
1. Daur hidup produk(Product life cyle = Usia dan jangka waktu yang dilewati suatu barang )










Bauran Pemasaran






1. Introduction
• Prduk baru diperkenalkan
• Biaya promosi sangat bsar
• Nilai penjualannya kecil
2. Growth
• Kenaikan dalam nilai penjualannya
• Biaya produksi dikurangi
• Prusahaan mulai mendapt untung
3. Maturation
• Nilai penjualanya mningkat
• Laba meningkat
• Muncul para pesaing
4. Saturation
• Nilai penjualan turun
• Makin banyak pesaing
5. Decline
• produk mulai kurang dikenali
• nilai penjualan turun drastis
• produk hilang


Pemasaran Internasional
1. Peluang
2. Tantangan


3. MANAJEMEN KEUANGAN
Pengertian
Manajemen yang berhubungan dengan bgaimana cara mendaptkan dana ang dibutuhkan dalam mencapai tujuan.
Sumber dana
Manajer harus dapat memilih dana yang akan digunakan , dana dapat bersal dari dalam / luar perusahaan
a. Internal= kebijakan menahan pembagian dividen
Sumber
• Modal pribadi(pemilik)
• Laba ditahan
• Penjualan Asset perusahaan
b. Eksternal = Pasar modal , pinjaman dari bank
Sumber
• Pinjaman
• Obligasi
• Subsidi pemerintah
• Penyertaan modal ( modal Ventura)
• Hinbah (bantuan pemerintah u sektor tertentu)
Penggunaan dana
Dana yang digunakan harus digunakan sebaik mungkin
a. Penanaman modal jangka pendek ( <1 thn , bersifat sementara )
• Tabungan / Deposito
• Penanaman Modal / Beli Mesin
b. Penanaman Modal jangka Panjang ( >1 tahun , bersifat permanen
• Pembangunan gedung
• Pembelian tanah
• Pembuatan pabrik bru


Pengendalian
Unuk efisiensi dan efektifitas , sebaiknya perusahaan mntapkan pola penggunaan dana yang disertai pola pengawasannya


Diwujudkan dlm laporan keuangan( AUDITOR)
1. Rentabilitas
Kemampuan perusahaan memperoleh laba
2. Likuiditas
Kemampuan perusahaan melunasi utang” jangka pendek perusahaan

3. solvabilitas
Kemampuan perusahaan melunasi utang” jangka panjang perusahaan

4. MANAJEMEN PERSONALIA
Pengertian
Perencanaan perngorganisasian pengarahan dan pengendalian atas pengadaaan tenaga kerja ,pengembangan kompensasi integrasi pemeliharaan dan PHK.
Rekruitmen
a. Analisis jabatan
Menganalisis jabatan yang akan diisi
b. Seleksi
Untuk memastikan siapa yang ditunjuk
c. Pendidikan dan pelatihan
Mempersiapakan pegawai u bekerja memerlukan proses ,yaitu dgn pelatihan

Analisis jabatan


Deskripsi jabatan


Spefikasi jabatan


Lowongan pekerjaan


Pendidikan dan pelatihan










Penilaian pegawai
Objektif
Kemampuan
Dedikasi dan Motivasi



Promosi dan Mutasi
1. Pertimbangan untuk memberhentikannya
Yang bersangkutan tidak layak menjadi pegawai
a. sering mlkukan pelanggaran yang sengaja
b. tidak dpt bekerja sma
c. tdk pnya kmmpuan
2. Dipindahkan ke lingkup yang lebih kecil
Tidak mampu mengisi lagi jabatan
3. Dipindahkan ke Jabatan yang lain
Tidak cocok terhadap pekerjaan yang sekarang
4. Promosi
Pemberian kepercayaan untuk menduduki jabatan uang lebih tinggi

Motivasi pegawai
Teori Motivasi
1. F.W Taylor
Motivasi karena Gaji (uang : gaji ; bonus ; hadiah ; saham pmbgian laba)
(Non Uang : kendaraan ;tmpt tinggal;kbthan pokok )
2. Elton Mayo( Kondisi kerja , nyaman/ tidak)
3. Maslow ( hirarki kebutuhan )
4. Herzberg ” hygiene theory” ( upah bisa mendorong bisa juga tidak memotivasi karyawan )
b. Job Enrichment : Memperkaya bidang tugas (karyawan mulai diikut sertakan dalam pengambilan keputusan)
c. Job Enlargment : Bidang tugas diperluas , seniot mendampingi karyawan baru
5. Mc Greggor ( Teori X dan Teori Y , melihat keburukan dan kebaikan karyawan)

5. MANAJEMEN ADMINISTRASI
Memberi perhatian pada pemberian layanan dibdang adminstrasi , penggunaan alat yang efisien
1. Pengadministrasian kegiatan
Kgiatan dalam organisasi sgt besar , maka harus dlengkapi dengan pengadministrasian terpadu , sehingga kegiatan” lebih tersusun
2. Pemakaian alat” perkantoran
Pemakaain alat” kantor harus lebih efisien dan efektif gar dapat menunjang kemajuan organisasi
3. Pemeliharaan oragnisasi
Hrus dpat memikirkan keserasian dan efektivitas organisasi secara keseluruhan.






6. MANAJEMEN PERKANTORAN
Seiring kemajuan teknologi informasi, maka pekerjaan kantor perlu dikelola secara modern dengan menggunakan manajemen perkantoran .


George Terry , Manajemen Perkantoran adalah:
Perencanaan , pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran serta menggerakan mereka agar mencapi tujuan yang tlah dittpkan .
Kegiatan yang mencakup manajemen perkantoran :
1. kegiatan komunikasi
Mnerima / mnggunakan telpon
2. kegiatan kalkulasi
perhitungan biaya
3. kegiatan administratif
Pengarsipan surat”
4. Penyusunan laporan
Laporan laba - rugi
5. kgitan yg mengikuti prosedur sehari”
penyediaan perlengkapan kantor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar